Digital Marketing
1. Apa Itu Digital Marketing?
Digital marketing adalah suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk menggunakan media digital atau internet. Tujuan digital marketing adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat. Seperti yang kita tahu, penerimaan teknologi dan internet di masyarakat sangat luas sehingga tidak heran kegiatan pemasaran secara digital dijadikan pilihan utama oleh perusahaan-perusahaan.
Pengertian
Digital Marketing Menurut Para Ahli
Tentunya
para ahli dalam digital marketing memiliki definisi masing-masing. Adapun
pengertian DM menurut para ahli adalah sebagai berikut :
1.
Ridwan Sanjaya & Josua Tarigan (2009)
Digital
marketing adalah kegiatan pemasaran termasuk branding yang menggunakan berbagai
media. Sebagai contoh yaitu blog, website, e-mail, adwords, dan berbagai macam
jaringan media sosial.
2.
Kleindl dan Burrow (2005)
Digital
marketing adalah suatu proses perencanaan dan pelaksanaan dari konsep, ide,
harga, promosi dan distribusi. Secara sederhana dapat diartikan sebagai
pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang saling menguntungkan antara konsumen
dan produsen.
3. Heidrick & Struggles (2009)
Digital
marketing menggunakan perkembangan dunia digital untuk melakukan periklanan
yang tidak digembar-gemborkan secara langsung akan tetapi memiliki efek yang
sangat berpengaruh. dia Marketing
Kelebihan Digital Marketing
Berikut
beberapa kelebihan Digital Marketing :
1.
Kecepatan Penyebaran
2.
Kemudahan Evaluasi
3.
Jangkauan Lebih Luas
4. Murah
dan Efektif
5.
Membangun Nama Brand
Jenis Digital Marketing
1.
Website
Website
sangat berperan dalam menunjukkan profesionalisme perusahaan, membantu konsumen
mengetahui bisnis Anda, promosi yang hemat dan media bisnis yang mudah.
2.
Search Engine Marketing
Upaya
untuk membuat website perusahaan mudah ditemukan dalam sistem mesin pencari.
Search Engine Marketing terbagi atas Search Engine Optimization (SEO) dan
Search Engine Marketing (SEM). SEO dilakukan sendiri dengan waktu yang lebih
lama dan murah sedangkan SEM berbayar tetapi lebih cepat.
3.
Social Media Marketing
Edarkan
platform di media sosial seperti
Facebook dan Twitter karena dapat dilakukan dengan biaya yang minim bahkan
gratis. Ini tentu saja dapat meningkatkan brand perusahaan.
4.
Online Advertising
Media
promosi melalui internet dengan berbayar. Ini dapat mendapatkan konsumen lebih
cepat dan memuaskan namun terbilang lebih mahal dibandingkan jenis yang
sebelumnya.
5. Email
Marketing
Anda
dapat memberitahu informasi terbaru mengenai promosi yang sedang berlangsung maupun
produk atau jasa terbaru.
6. Video
Marketing
Dengan
cara ini, Anda dapat langsung menjelaskan tentang bisnis Anda, menjelaskan
produk dan cara menggunakannya serta menampilkan testimonial pelanggan.
Strategi Digital Marketing
1.
Search Engine Optimization (SEO)
2.
Content Marketing
3.
Otomatisasi Pemasaran
4.
Pay-Per-Klik (PPC)
5.
Native Advertising
6.
Affiliate Marketing
7.
Sosial Media Marketing
No comments:
Post a Comment